Melanjutkan pembahasan tentang CMS di postingan sebelumnya, pada postingan ini saya akan membantu anda untuk melakukan proses instalasi wordpress di localhost. Jik anda masih bingung tentang apa itu CMS anda bisa baca dulu sebelumnya.

Wordpress merupakan salah satu CMS terbaik yang saya temukan, banyak sekali pengguna wordpress, dan banyak juga pemanfaatan yang dapat dilakukannya, dan apabila dilakukan optimasi yang kuat akan dapat menghasilkan income materi dari website / blog anda tersebut.

Ok langsung saja ke langkah - langkah dibawah ini :


  1. Persiapan pertama yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan resource yang dibutuhkan selama proses instalasi. Download disini jika anda belum mempunyai Instalasi Wordpress.

  2. Install program webserver pada komputer anda, jika anda belum memilikinya dapat di download xampp webserver disini, pilih installer sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan sebagai medianya. Disini saya menggunakan xampp for windows


  3. Install file xampp yang telah anda download tadi.

  4. Setelah proses instalasi berhasil, pindah ke desktop lalu cari icon xampp, klik pada Xampp control panel application Start 2 modul yaitu apache dan mysql.


  5. Persiapan tool dan resource telah selesai, saatnya melakukan instalasi. Buka browser anda, disini saya menggunakan mozilla firefox sebagai browsernya, lalu pada url address bar ketikkan : "http://localhost", tanpa tanda kutip. Setelah berhasil anda akan ditujukan kepada halaman index.php dari xampp webserver yang berada didirectory xampp. Anda dapat memperhatikan bahwa ada beberapa tools yang include pada applikasi webserver ini yang semuanya adalah bersifat freeware, seperti php, fileZilla FTP, dll. Penjelasan tentang masing - masing tools akan dilakukan selanjutnya.



  6. Untuk melakukan proses instalasi wordpress anda diharuskan untuk masuk ke direktori wordpress anda yang berada di C:\xampp\htdocs\wordpress pada url address browser yaitu http://localhost/wordpress, ini setelah kita asumsikan folder dari file exctract instalasi wordpress dengan nama "wordpress", diluar ini anda bebas mengganti nama folder sesuai keinginan anda.




Related articles :



0 comments