Mengenal Wordpress CMS

Posted by syico | 12:34:00 AM | , | 2 comments »

Sudah beberapa hari tidak update blog yang terakhir tulis tentang ini dan rasanya seperti ada yang kurang dalam hidup, semoga dengan adanya tutorial ini dapat mengobatinya.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana melakukan instalasi CMS ( Content Management System ), CMS yang saya gunakan dalam tutorial pembahasan kali ini adalah wordpress. Proses instalasi akan dilakukan di localhost sehingga anda akan mempunyai website local yang dapat anda akses, update, edit, dan lainnya tanpa menggunakan koneksi internet.

Sebaliknya jika anda ingin mempublikasikan website anda berbasis CMS tersebut dapat menguploadnya ke web hosting yang sudah anda persiapan dengan bantuan tools seperti fileZilla (FreeWare) ataupun menu yang ada di cpanel hosting anda (File Manager).





Untuk memulainya, tidak ada salahnya kita mengetahui Apa sih CMS itu ?, CMS adalah Sistem manajemen konten (Content Management System, disingkat CMS), perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. CMS banyak jenisnya baik itu opensource, free, ataupun berbayar. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application[CMA])
2. Aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA])

Elemen CMA memperbolehkan pengguna yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)untuk melakukan pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.

Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Banyak pemanfaatan CMS yang dapat anda lakukan seperti halnya website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas,portal, galeri, Aplikasi E-Commerce, mengelola website pribadi, dan lain-lain.

Untuk saat ini saya akan memfokuskan anda kepada penggunaan CMS Wordpress untuk membuat situs / blog pribadi yang dapat anda gunakan untuk berbagai jenis hal yang seyogyanya mematuhi TOS yang sudah diberikan.

Related Articles :




cancer articles

2 comments

  1. dodi // October 24, 2009 at 3:05 PM  

    wah...info yang menarik. salam kenal ya :-)

  2. syico // October 28, 2009 at 3:21 AM  

    @dodi
    Terima kasih mas atas kunjungannya.
    Sama - sama, Salam kenal..^^