Sebagaimana pada postingan saya sebelumnya tentang Instalasi wordpress pada localhost part 1 maka disini saya akan melanjutkan dan mengulas habis tentang langkah - langkah lanjutan dari proses tersebut sampai dengan proses instalasi selesai.











  1. Tahap terpenting dalam proses instalasi adalah pembuatan database wordpress anda meggunakan mysql sebagai database. Untuk pembuatan database pada browser ketik : http://localhost/phpmyadmin, lalu pada kolom create new database isikan dengan nama database yang anda inginkan, contoh disini saya menggunakan syicoWordpress.



  2. Setelah proses pembuatan database berhasil, anda diharuskan untuk mengatur terlebih dahulu script koneksi database anda. Tenang, tidak harus jago programming dapat mengubah script koneksi database tersebut. Untuk mengubahnya, cari file "wp-config-sample.php" pada folder wordpress anda lalu edit dengan editor anda terserah apa saja, disini saya menggunakan dreamweaver.


    / ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
    /** Isi dengan nama database yang telah anda buat sebelumnya*/
    define('DB_NAME', 'namaDatabase');

    /** Database username*/
    define('DB_USER', 'usernamehere');

    /** MySQL database password */
    define('DB_PASSWORD', 'yourpasswordhere');

    /** MySQL hostname */
    define('DB_HOST', 'localhost');

    /** Database Charset to use in creating database tables. */
    define('DB_CHARSET', 'utf8');

    /** The Database Collate type. Don't change this if in doubt. */
    define('DB_COLLATE', '');

    Setelah anda merubah nama database, username, password, lalu simpan dengan nama "wp-config" dengan ekstensi ".php".
    "Ingat file harus disimpan dengan nama "wp-config".Username = "root" , password ="" ( kosongkan).


  3. Koneksi database telah dilakukan, selanjutnya anda tinggal melakukan instalasi wordpress di localhost melalui browser anda. Masuk ke direktori wordpress melalui browser, ketik : "http://localhost/wordpress". Secara otomatis anda akan diredircet ke "http://localhost/wordpress/wp-admin/install.php". Jika anda dihadapkan pada tampilan ini, maka anda sudah melewati tahapan pengeditan database connectionnya. Selanjutnya isi kolom - kolom yang dibutuhkan.


  4. Yihaaa, proses instalasi telah berhasil, halaman ini menunjukkan account anda untuk mengakses ke halaman administrator tools untuk menkonfigurasi blog wordpress anda.


    Jangan lupa catat password yang diberikan untuk melalukan ubah password ke karakter yang anda inginkan. Anda dapat melihat halaman blog anda dengan mengetikkan "http://localhost/wordpress", tetap pada url address browser anda.





Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat buat sobat sekalian yang membutuhkan ini sebagai referensi. Untuk lebih membantu lain waktu saya akan membuat tutorial konfigurasi administrator pada wordpress. Untuk sobat yang masih kebingungan dalam pemahaman tutorial ini dapat anda tanyakan pada kolom komentar.

Syico

Related Articles :




2 comments

  1. Deddy Irawan // October 28, 2009 at 1:36 AM  

    Thank you buat ilmunya.
    Sayang saya pakai blogger =(

  2. syico // October 28, 2009 at 3:14 AM  

    @Deddy Irawan

    Nda' ada salahnya mas coba pakai wordpress.
    menurut saya lebih powerfull.
    ^^